Ingin Membuka Jasa Percetakan Tali Lanyard? Ini Dia Rahasia Pembuatannya!

Jasa Percetakan Tali Lanyard

Dalam dunia percetakan, tali lanyard merupakan salah satu atribut penting yang digunakan sebagai kelengkapan ID card. Dalam pembuatannya, ternyata tidak berbeda jauh dengan proses cetak ID card.

Dalam penggunaannya sendiri, tali khusus ID card ini memiliki peran yang sangat penting terutama bagi seorang karyawan. Tanpa adanya tali, penggunaan ID card akan menjadi sulit dan cukup merepotkan.

Tak hanya sebatas berfungsi untuk menggantungkan ID card, tali juga ternyata sangat bermanfaat sebagai alat atau sarana promosi. Biasanya banyak pembisnis memanfaatkan desain yang tercetak pada tali jenis lanyard ini untuk mempromosikan brand ataupun produk yang dijualnya.

Dengan demikian, secara tidak langsung kegiatan promosi pun sudah dapat dilakukan secara persuasif tanpa harus secara terang-terangan memaksa seseorang untuk membeli.

Pentingnya menggunakan tali ini kemudian dijadikan sebagai suatu peluang usaha jasa percetakan tali lanyard oleh para pengusaha. Dan jika Anda tertarik untuk membuka jasa percetakan tali ID card ini, maka pahamilah terlebih dahulu rahasia pembuatannya. Hal ini penting supaya proses cetak selalu berhasil dan memuaskan. Ini dia uraiannya untuk Anda!

Rahasia Pembuatan Tali Lanyard

Tali Lanyard

1. Proses Desain

Sama seperti langkah percetakan ID card, sebelum tali dicetak maka Anda harus membuat desainnya terlebih dahulu. Dan berikut tahapan yang harus Anda lakukan:

  • Menyiapkan Bahan-Bahan Desain

Sebelum Anda membuat desain, maka pertama kali Anda harus menyiapkan dan mengumpulkan bahan-bahan pembuatannya. Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu warna, ukruan, gambar dan juga logo. Bisa dibilang persiapan bahan ini merupakan rancangan konsep yang akan Anda buat. Maka sebisa mungkin sediakan segalanya dengan matang dan tepat.

  • Membuat Sketsa

Setalah semua bahan-bahan desain sudah terkumpul, maka Anda harus membuat sketsa desain terlebih dahulu. Pembuatan sketsa ini diperlukan supaya rancangan gambar yang akan Anda cetak pada tali lanyard benar-benar matang dan hasilnya memuaskan.

  • Digitalisasi Desain

Proses selanjutnya yaitu digitalisasi desain. Anda bisa langsung menuangkan sketsa desain yang sudah dibuat pada perangkat komputer menggunakan software khusus desain seperti adobe photoshop ataupun corel draw. Proses digitalisasi ini nantinya akan membantu proses cetak menjadi lebih mudah.

2. Proses Cetak

Jika desain sudah siap, maka selanjutnya Anda harus merealisasikan desain yang sudah dibuat dengan proses cetak. Dalam proses pencetakan, Anda bisa melakukannya dengan dua pilihan metode yakni digital printing ataupun printing manual. Berikut uraiannya:

  • Digital Printing

Jika Anda menyukai proses yang simpel, mudah dan praktis maka Anda bisa menggunakan digital printing untuk mencetak tali lanyard yang sudah Anda desain. Mesin yang digunakan biasanya merupakan mesin khusus untuk mencetak tali, sehingga Anda pun bisa langsung mencetak tanpa harus repot melakukannya secara manual.

Dalam proses cetak digital ini terdapat dua alat yang dibutuhkan, yakni printer untuk mencetak hasil desain dan yang kedua mesin press yang akan memindahkan cetakan pada bahan tali.

  • Printing Manual

Jika digital printing lebih mudah dan praktis, maka lain halnya dengan printing manual yang membutuhkan beberapa proses serta tahapan yang cukup rumit. Dalam proses manual ini dibutuhkan keterampilan serta kehati-hatian terutama pada saat memindahkan desain cetakan pada film screen.

Berbeda dengan mesin digital, metode printing manual memiliki keterbatasan terhadap warna. Meskipun demikian, ketahana warna pada hasil cetak manual memiliki daya tahan yang lebih berkualitas dan awet dibandingkan dengan hasil cetak digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*