Harus Tahu! Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Jika mendengar kata Printing, pastinya sudah tidak asing lagi dan juga sudah banyak orang – orang di sekeliling kita yang membuka jenis usaha Printing. Bisa dibilang semua bentuk media pembelajaran, informasi dan lain-lainnya tidak lagi dalam bentuk tulisan tangan, melainkan tulisan yang sangat tertata rapi.

Maka dari itu Printing atau percetakan sudah sangat begitu eksis di semua kalangan. Dalam dunia percetakan ada dua jenis teknik yang sangat umum digunakan dalam proyek percetakan. Banyaknya pertanyaan yang muncul dikalangan masyarakat sekarang ini tentang perbedaan Digital dan Offset Printing. Tentang apakah Offset Printing menghasilkan hasil yang lebih bagus dibandingkan Digital Printing, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini akan diinformasikan mengenai percetakn digital printing dan offset printing. Selain itu ada juga berbagai kelebihan dan kekurangan dalam 2 jenis percetakan tersebut. Mari disimak baik-baik.

Berbagai Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Digital Printing dan Offset Printing

Mengenal Teknik Offset Printing

 

Jika banyaknya pertanyaan yang muncul apakah Offset Printing lebih bagus dibandingkan Digital Printing? Maka jawabannya bisa, “ya dan tidak”.  Pada dasarnya, Offset Printing bekerja menggunakan plat film. Plat film berperan sebagai media untuk mentransfer dokumen yang akan dicetak ke permukaan media yang sudah dipilih.

Offset Printing sendiri telah ada dari seabad lamanya dan selama beberapa dekade ini. Offset Printing adalah cara terbaik untuk mencetak pada kuantitas yang besar layaknya percetakan untuk media komersial, seperti koran, majalah, tabloid, kartu pos, tali id card dan masih banyak lagi.

Offset printing menggunakan plat film sebagai media pencetakan. Biaya yang akan dikenakan pada konsumen pun bisa dikatakan tergantung dari jumlah banyaknya lembaran yang di cetak dalam teknik Offset Printing ini. Semakin banyak jumlah lembaran yang dicetak, maka akan semakin murah per lembarnya.

Kelebihan Offset Printing 

1. Mencetak dalam jumlah yang banyak dapat membuat harga lebih efisien dan murah.

2. Dapat menghasilkan kualitas yang sama bagusnya, walau jumlah cetakan banyak.

3. Kualitas warna yang tidak cepat pudar serta dapat mencetak warna khusus, seperti metallic dan pantone.

4. Dapat dicetak dengan jenis permukaan kertas apapun dan ukuran berapapun.

Kekurangan Offset Printing

1. Kurang ramah lingkungan.

2. Membutuhkan waktu lebih lama karena dibutuhkannya pembuatan plat cetak, film dan penyetelan tinta.

3. Menggunakan tinta basah dan dibutuhkannya waktu pengeringan khusus.

Mengenal Teknik Digital Printing

Sebuah teknik percetakan yang menggunakan sistem komputerisasi dalam percetakan dan tidak menggunakan plat film layaknya Offset Printing. Teknik ini biasanya mencetak gambar berupa digital yaitu File, kemudian bisa dicetak di berbagai media dengan lebih cepat. Teknik yang satu ini bisa kita jumpai dikehidupan sehari – hari, seperti saat kamu ingin mencetak tugas sekolah maupun kuliah.

Harga cetak dari Digital Printing juga relatif murah walaupun hanya mencetak dengan jumlah sedikit. Teknik Digital Printing menggunakan tinta toner, tinta pasta yang kemudian dikeringkan dengan cara dipanaskan. Semua itu tergantung  pada masing-masing jenis mesin. Perbedaan pada jenis tinta yang dipakai ini akan memiliki reaksi yang berbeda pada kertas.

Kelebihan Digital Printing

1. Harga tetap murah, walaupun hanya mencetak dalam kuantitas kecil.

2. Jangka waktu yang lebih cepat dan efisien karena tidak membutuhkan plat film.

3. Percetakan warna hitam dan putih yang lebih murah.

4. Lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak membutuhkan banyak tinta, kertas dan perlengkapan lainnya.

Kekurangan Digital Printing

1. Format warna yang terbatas. Sehingga mengharuskan kamu untuk lebih memperhatikan CMYK, yaitu kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black.

2. Hasil dan Kualitasnya sangat bergantung pada desain yang kamu buat.

Bisa dikatakan bahwa Offset Printing ini membutuhkan waktu percetakan yang lama, namun hasilnya sangat memuaskan. Offset Printing juga menawarkan harga yang lebih baik dengan jumlah yang cetak yang banyak tetapi sangat mahal untuk kuantitas yang kecil.

Maka Digital Printing lah yang harus dipilih jika kamu ingin mencetak tugas yang diberikan guru atau dosen kamu yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi itulah perbedaan antara Digital dan Offset Printing.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu menentukan manakah yang harus kamu pilih saat melakukan percetakan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*